7 Oleh Oleh Khas Makassar yang bisa Dibawa Pulang

Pasar terkenal sebagai salah satu kota pelaut. Orang-orang suku kenal sebagai pelaut yang andal di lautan. Kapal Pinisi kenal sudah mengarungi seluruh dunia.

Selain itu Makassar juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik mulai dari tempat wisata alam tempat wisata sejarah hingga tempat wisata bermain anak di Makassar. Hampir semua wisata yang datang ke Makassar tidak pernah menghabiskan waktu kurang dari 1 hari rata-rata lebih dari itu.

Oleh Oleh Makassar

Maka sudah tepat jika wisatawan yang datang ke Makassar mencari hotel terbaik misalnya seperti hotel Sahid Makassar yang memiliki fasilitas memadai dan juga dekat dengan tempat wisata di sekitar Makassar.

Namun yang lebih penting lagi adalah Makassar menawarkan beberapa oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang untuk keluarga di rumah. Berikut adalah ulasan oleh-oleh khas Makassar yang cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

  1. Otak-otak tenggiri

Apa kau tak memang panganan yang bisa ditemukan di berbagai daerah, namun kamu tak akan mencoba otak-otak ikan tenggiri seenak di Makassar. Biasanya otak otak kita dijajakan atau disajikan sebagai makanan pembuka di beberapa restoran khas yang menawarkan hidangan laut.

Otak-otak tenggiri yang paling terkenal di Makassar diantaranya adalah otak-otak ibu Sani dan otak-otak Ibu Elly. Tak perlu khawatir karena otak-otak yang bisa dibawa pulang ini belum dalam kondisi matang alias dalam kondisi mentah. Wisatawan bisa memasaknya setibanya di rumah dan menyajikannya untuk keluarga.

  1. Minyak gosok Cap Tawon

Warga Indonesia dikenal dengan budaya kerokan nya. Apalagi jika terasa masuk angin dan pegal-pegal, salah satu yang paling dicari adalah minyak gosok untuk kerokan atau untuk menghilangkan pegal-pegal.

Wisatawan yang datang ke Makassar pasti akan selalu membawa pulang minyak gosok Cap Tawon sebagai oleh-oleh spesial terutama bagi para orang tua. Minyak gosok ini sudah cukup lama usianya, kira-kira sudah ada sejak tahun 1912 sehingga merupakan salah satu warisan nenek moyang Suku Bugis.

Minyak gosok Cap Tawon memiliki dua tutup yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Minyak gosok Cap Tawon yang memiliki kemasan tutup berwarna putih rasanya lebih panas dibandingkan kemasan yang tutupnya berwarna merah. Sesuaikan minyak gosok anda dengan tingkat kepanasan nya.

  1. Kain Tenun dan Sarung khas Suku Bugis

Salah satu yang tak pernah lepas dari pakaian tradisional atau pakaian adat yang digunakan oleh wakil presiden Jusuf Kalla adalah kain sarung khas suku Bugis dan juga kain tenun yang digunakan oleh ibu Mufida Kalla saat dalam acara-acara kenegaraan.

Kain tenun dan sarung khas suku Bugis sudah menjadi ciri khas seperti halnya batik Cirebon dengan pola awan Mega Mendung nya. Harganya pun sangat bervariatif mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung dari kualitas dan cara pengolahan atau pembuatannya.

  1. Bannang-bannang

Kuliner Kota Makassar ini memang sangat beragam mulai dari coto Makassar yang terkenal hingga es pisang ijo yang sudah dijajakan sampai ke ibukota.

Namun ada beberapa olahan atau kudapan khas Makassar yang tidak terlalu terkenal apalagi bisa ditemukan di ibukota Jakarta. Salah satunya adalah kuliner khas ini yang bernama bannang bannang.

Kudapan ini berwarna manis dengan bentuknya yang kusut seperti Benang Kusut. Itulah asal usul kuliner ini disebut dengan bannang bannang karena memang terlihat seperti kumpulan atau gulungan Benang Kusut. Namun ternyata ada makna dibalik itu semua, benang Kusut dilambangkan sebagai ikatan yang erat. Tak heran jika kuliner yang satu ini hanya disajikan pada saat upacara pernikahan di Kota Makassar.

  1. Baruasa

Selain benang-benang kota Makassar ini juga menyimpan beberapa kuliner khas warisan dari nenek moyang salah satunya adalah baruasa.

Kue khas tradisional dari Makassar ini hampir seperti kue camilan anak-anak yang bisa dicairkan sehingga menjadi sebuah bubur. Kue ini berbahan dasar kelapa parut yang dikeringkan menggunakan campuran telur dan tepung beras. Rasanya sedikit manis dan gurih.

  1. Kue Kurma

Ternyata ada asal-usul Mengapa kue ini disebut sebagai kue kurma. Alasannya karena tampilannya mirip seperti buah kurma yang lengket.

Kue kurma campuran bahan baku telur mentega maizena dan juga tepung terigu yang dilumuri dengan karamel sehingga membuatnya terlihat legit dan lengket.

  1. Kopi Toraja

    Tak ada oleh-oleh ya lebih mudah dibawa nan praktis selain kopi. Apalagi kopi Toraja sudah terkenal hingga ke Amerika dan menjadi salah satu kopi favorit di Indonesia selain kopi Aceh Gayo dan juga kopi dari Wamena atau Papua.

    Kopi Toraja sangat mudah didapatkan di Kota Makassar sebagai salah satu oleh-oleh bapak-bapak anak muda kekinian yang doyan dengan kopi kopi khas tradisional di daerah. Kopi Toraja memiliki beberapa jenis seperti halnya kopi lainnya seperti robusta dan arabika.

Seperti halnya di Makassar, cari hotel murah di Batu Malang lewat Reservasi.com pun akan semakin memudahkan kamu mencari hotel terbaik dengan potongan harga terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *